Mobil Otonom Akan Hadir di Indonesia

Salah satu mobil otonom yang tengah dikembangkan Google dan tengah menjalani proses uji coba di jalanan umum.
otojurnaldotcom - Teknologi terbaru dalam pengembangan mobil tanpa kemudi manual, saat ini menjadi tren utama otomotif di negara-negara maju.

Sejumlah brand-brand produsen ternama, juga sudah sampai pada tahap uji kelayakan di jalanan umum bahkan beberapa diantaranya digadang-gadang telah siap dipasarkan mulai tahun depan.

Tak hanya itu, beberapa perusahaan ride sharing bahkan sejak beberapa waktu terakhir, telah menerapkan kendaraan taxi tanpa pengemudi manusia ini.

Tak hanya itu, dua raksasa produsen mobil asal Asia yakni Toyota dan Mazda, bahkan hingga bersepakat mengikat perwakinan kerjasama demi menyongsong era baru industri otomotif tersebut.

Ringkasnya, saat ini tengah terjadi persaingan panas di antara produsen-produsen otomotif, yang sama-sama berlomba mengembangkan untuk menjadi yang pertama, merilis mobil tanpa pengemudi.

Mobil otonom sendiri dibekali sejumlah teknologi khusus mulai dari sensor (mulai dari GPS, radar, laser hingga sensor ultrasonik), hingga mesin atau kecerdasan buatan untuk pengolah data dengan algoritma khusus, yang kemudian memungkinkan mengidentifikasi setiap kondisi yang dihadapi dan memutuskan tindakan yang tepat.
Salah satu varian mobil otonom yang juga masih dalam tahap pengembangan.
Beberapa perusahaan besar tak hanya perusahaan otomotif, yang tengah getol melakukan uji coba sejak beberapa tahun terakhir, seperti Google, Tesla, Lyft, dan Intel hingga Audi.

Khusus Audi, teranyar bahkan sudah mengujicobakan varian A7 mereka di jalanan Kota New York yang arus lalu lintasnya terkenal padat dan super sibuk.

Meski proses ujicoba Audi ini masih panjang, namun hasil yang dicapai saat ini memang terbilang menggembirakan dan membuat banyak pihak optimis, kehadiran mobil otonom akan segera hadir di jalanan semua negara tak hanya negara maju, bahkan hingga negara berkembang.

Lalu bagaimana dengan Indonesia ataupun di Indonesia?

Pertanyaan yang sangat menarik dan seringkali memaksa kita harus menelan senyum ironi. Jangankan bicara soal mobil otonom, perkembangan industri dan produksi mobil dalam negeri yang berbasis bahan bakar konvensional dan teknologi umum saat ini saja, sampai saat ini tak kunjung menemui titik terang.

Para pelaku industri maupun intelek-intelek muda dan kaum cerdas tanah air, seolah menghadapi tembok baja dari birokrasi dalam negeri yang terkesan justru tak mendukung apalagi memfasilitasi pengembangan industri otomotif negeri sendiri.

Tapi, kita gak mau bermelow-melow dulu dengan semua itu guys. Karena beberapa varian mobil otonom dari produsen ternama dunia, akan hadir Agustus ini di GIIAS 2017.

Salah satunya adalah perusahaan mobil Lexus, yang kabarnya akan menghadirkan mobil otonom di ajang GIIAS 10-20 Agustus ini.


Ya meskipun baru sebatas ajang show, setidaknya penyelenggara GIIAS berharap hal ini akan memberi iklim dan pengaruh positif bagi pengembangan teknologi industri otomotifi di tanah air.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: