Takut Mobil Kesayangan Hilang? Berikut 5 Pilihan Perangkat Pengamannya!

Berbagai upaya dilakukan oknum pencuri untuk membobol mobil yang menjadi targetnya, bahkan mobil canggih sekalipun. 

Kasus pemecahan kaca tanpa suara menggunakan busi, menukar plat nomor polisi, mengacaukan sinyal remote, dan sebagainya dilancarkan. 

Agar tak menjadi korbannya, Anda pun harus waspada. Pengamanan ganda harus diaplikasikan. Nah, apa saja alat yang penting dipasang di mobil kesayangan Anda?

1.      Alarm
Biasanya hampir setiap mobil sudah dilengkapi, dengan sistem keamanan ini. Jadi saat terjadi pengrusakan kendaraan, atau pintu dibuka secara paksa, maka akan terdengar suara bising dari alarm.
Ada banyak varian merek alarm mobil di pasaran. Agar tetap sesuai dengan kendaraan Anda, maka harus cermat dalam memilihnya. Beberapa tips yang bisa diperhatikan adalah sebagai berikut.
  • Sesuaikan anggaran. Semakin lengkap fitur alarmnya, biasanya harganya juga makin mahal. Karena itu, sesuai dengan budget Anda. Pilih yang terjangkau, tapi dengan fitur dan kualitas bisa diandalkan.
  • Jenis mobil. Kendaraan yang panjang dianjurkan memasang alarm, yang ada fitur radar sensor. Fungsinya sebagai perlindungan sisi dalam mobil. Karena biasanya kendaraan model ini jadi sasaran pencuri, dengan memotong bagian karet kaca yang ada di sisi belakang kendaraan.
  • Pahami fitur alarm. Bila kurang memahami spesifikasi alarm, jangan sungkan untuk minta penjelasan seputar fiturnya. Agar bisa disesuaikan dengan tipe kendaraan, dan kebutuhan Anda.
  • Pahami buku petunjuknya. Sebelum membeli ada baiknya untuk membaca buku petunjuknya terlebih dahulu. Tujuannya agar Anda lebih memahami produk yang dibeli. Sehingga memudahkan pula dalam proses pemakaiannya juga.
  • Garansi produk. Layanan purna jual seperti garansi produk harus didapatkan. Sebab alarm adalah produk elektronik yang mudah saja rusak. Sehingga dengan garansi ini, Anda lebih tenang untuk membelinya.

2.                  Kunci Stir
Fungsi dari alat pengaman mobil ini adalah untuk mengunci bagian stir, sehingga tidak bisa digerakkan. Secara otomatis, kendaraan pun tidak bisa dibawa kabur oknum pencuri.  Bentuknya bermacam-macam, tapi umumnya mirip tongkat. Cara pemasangannya secara melintang di bagian roda kemudi atau stir. Kemudian dikunci agar tidak bisa terlepas dari kemudi.
Pengaman tambahan ini terdiri atas sejumlah tipe, seperti yale, Stefo car Lock, Hipowerlok, Hipowerlok with alarm, Security Bat Type R, rally Armored Bar, dan Hipowerlok Lock Heavy Duty. Tips memilihnya, jangan hanya melihat modelnya saja yang keren. Tapi pastikan bahannya tebal dan kuat. Sehingga tidak mudah digergaji oleh pencuri mobil.

3.                  Immobilizer
Sistem kerja dari perangkat pengaman mobil ini sangat sederhana. Pada dasarnya hanya memasang semacam sensor di bagian kunci. Jadi, mesin kendaraan hanya bisa dihidupkan, kalau kunci yang digunakan adalah yang mempunyai sensor tersebut.  

Perangkat ini terkesan sangat efektif, karena itu mobil keluaran baru biasanya sudah dilengkapi dengan fitur immobilizer. Mekanisme kerjanya adalah mencocokkan kode di ECU (Electronic Control Unit), dan kode kunci. Itulah kenapa kalau tidak menggunakan kunci aslinya, mesin tak dapat dihidupkan.

4.                  Kunci Ganda
Sebenarnya fungsi dari aksesoris mobil ini adalah sama dengan kunci kemudi. Tujuannya agar kendaraan tidak bisa dijalankan. Maksud dari kunci ganda adalah kunci di bagian rem dan kopling. Kalau kedua bagian penting itu terkunci, maka mobil tidak bisa bergerak dari tempat parkirnya.

5.                  Tracker
Alat ini terhubung langsung dengan GPS atau satelit. Sehingga pemilik mobil bisa mengetahui posisi kendaraan secara aktual atau real time. Perkembangan perangkat keamanan mobil ini sangat cepat. Saat ini bahkan Anda bisa mematikan mesin mobil dari jarak jauh, hanya dengan menggunakan telepon.

Nah, sebagai tipsnya beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.
  • Tujuan menggunakan GPS Tracker. Apakah Anda akan menggunakannya untuk keperluan bisnis atau pribadi. Kalau untuk pribadi, pilih saja yang dimensinya kecil. Sedangkan jika untuk kepentingan bisnis, pilihlah yang frekuensinya bagus dan tahan air.
  • Kapasitas baterai. Bila untuk keperluan bisnis, seperti direntalkan lebih baik gunakan yang daya baterainya lebih lama. Bisa juga dengan memasang baterai tambahan.
  • Tentukan budged. Semakin bagus dan lengkap fiturnya, maka makin mahal pula harganya.

Rekomendasi GPS Tracker Mobil Foxlogger

Include ongkos pasang, paket data 6 bulan dengan fitur: 
- Lacak online live (live tracking).
- Rekam jejak 100 hari, pernah kemana aja, parkir dmn, waktu engine on-off terekam selama 100 hari.
- Sadap suara dalam kabin mobil
- Matiin mesin pake HP lewat SMS

Contoh Pemakaian GPS Tracker Foxlogger

Pemakaian pribadi:

- Suami lacak mobil istri
- Istri lacak mobil suami
- Mobil anak yg dibawa supir
- Mobil anak yg baru punya SIM / masih kuliah.

Pemakaian bisnis:

- Mobil rental
- Uber / Grab
- Mobil ekspedisi
- Armada delivery
- Sales kantor
- Mobil operasional kantor
- Jasa angkutan barang
- Perusahaan distribusi

Kelebihan Foxlogger:

- Call center 24 jam live chat maupun telp.
- Kantor 24 jam (divisi teknis di Gading Serpong).
- Garansi full 1 thn.
- Punya server dan software sendiri.
- Bayar bisa cod  setelah pemasangan. 
- Gratis langganan server selamanya.
- Bekerja sama resmi dengan telkomsel kartu halo, jadi signalnya terbaik di Indonesia.
- Perpanjang paket data gps / pulsa murah, Rp 300rb/6bulan atau Rp 550rb/thn

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.