Tanaman Hidroponik Beserta Metodenya

photo by google


Seiring dengan perkembangan zaman di era sekarang ini, metode penanaman budi daya
tanaman hidroponik sudah sangat populer diterapkan banyak orang baik itu di rumahnya sendiri atau pada area tertentu. Masih ada beberapa orang yang belum mengetahui dengan jelas apa saja jenis tanaman yang cocok budi daya dengan metode hidroponik. Kita semua lebih baik tahu tanaman sayuran untuk cara penanaman metode hidroponik satu ini, kalau ingin mencoba menanam tanaman sayuran dengan cara hidroponik. Memang ada banyak jenis tanaman yang cocok budi daya dengan metode hidroponik.
Terdapat salah satu tanaman sayuran untuk cara penanaman metode hidroponik yang patut Anda ketahui yaitu seperti tanaman Cabe. Tentunya tanaman cabe merupakan salah satu jenis tanaman yang seringkali dijumpai di kawasan Indonesia. Kegunaan dari Cabe ini yaitu tentu sebagai bahan untuk berbagai macam masakan yang beragam jenisnya. Apalagi sekarang ini, sudah banyak sajian  kuliner yang memanfaatkan banyak cabai yaitu kuliner pedas seperti ayam geprek, seblak, dan sebagainya. Variasi harga cabai ini sendiri bisa berbeda-beda yang tentunya dirasakan oleh para ibu-bu. Disamping dibudidayakan secara metode konvensional, ternyata tanaman cabe ini bisa Anda tanam melalui budi daya hidroponik.
Tak jarang orang yang sangat meminati usaha budi daya hidroponik tanaman cabe ini. Disamping mudah, hidroponik dengan jenis tanaman cabe juga tergolong cepat. Apalagi hasilnya bisa cukup membuat Anda mengantongi banyak rupiah.Ada beberapa tahapan dalam pada saat melakukan sistem hidroponik tanaman cabe. Tahap yang pertama yaitu dengan memililih terlebih dahulu varietas cabe yang unggul Indonesia. Ada beberapa jenis seperti cabe hibrida hingga tanaman cabe lokal. Tetapi akan lebih baik kalau Anda memakai tanaman cabe hybrida. Hal tersebut dikarenakan disamping bagus buahnya, tanaman cabe jenis hibrida ini juga memiliki daya tahan cukup tinggi terhadap hama.
Lalu selanjutnya semai bibit tanaman cabe yang telah dipilih ke wadah poly bag ataupun pot kecil. Anda bisa juga menggunakan gelas bekas kemasan minuman mineral. Tahap budidaya hidroponik tanaman cabe yang kedua yaitu memindahkan cabe seusai disemai ke media tanam hidroponik. Kisaran waktunya yaitu 5 hingga 7 hari pada saat menyemai. Setelah itu, baru Anda bisa memindahkan, jangan sampai lupa juga menambah larutan nutrisi di media tanaman cabe hidroponik. Tahap yang ketiga yaitu melakukan perawatan dengan cara mengontrol volume dari larutan nutrisi. Kalau sudah sedikit, Anda bisa melakukan penambahan lagi.
Disamping itu, penyinaran sinar matahari perlu juga diperhatikan agar tanaman cabe bisa tumbuh baik. Masa panennya 80 hingga 90 hari dengan ciri warna merah serta garis hijau memudar.Selain dari yang di atas, memang masih terdapat jenis tanaman yang cocok budi daya dengan metode hidroponik lainnya. Anda bisa memanfaatkan tanaman sayuran untuk cara penanaman metode hidroponik di atas jika ingin mencoba menanam tanaman sayuran dengan cara hidroponik. Itu saja ulasan sederhana mengenai jenis tanaman yang cocok budi daya dengan metode hidroponik kali ini.
Dengan ulasan di atas, maka Anda dapat semakin mengerti apa tanaman sayuran untuk cara penanaman metode hidroponik. Lebih baik kalau Anda selalu mengingat jenis tanaman yang cocok budi daya dengan metode hidroponik ini supaya Anda bisa lebih puas jika ingin mencoba menanam tanaman sayuran dengan cara hidroponik. Semoga artikel mengenai tanaman sayuran untuk cara penanaman metode hidroponik ini bisa membantu Anda semua. Keuntungan dari metode penanaman budi daya tanaman hidroponik ini tentunya Anda tak perlu lahan yang luas.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.